Categories
Diet dan Nutrisi

Menakjubkan! Ini 7 Manfaat Nanas untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Ada banyak manfaat nanas yang perlu kamu tahu, mulai dari untuk kesehatan hingga pencegahan penyakit. Apa saja?

Nanas adalah salah satu buah tropis yang mudah ditemukan di Indonesia. Selain rasanya yang manis, ada banyak manfaat nanas yang bisa didapatkan. Mulai dari memperbaiki sistem pencernaan, sampai pencegahan terhadap penyakit serius.

Khasiat tersebut tidak lepas dari kandungan nutrisi yang ada di dalamnya, seperti magnesium, potasium, berbagai vitamin, zat mangan, zat besi, serat tinggi, protein, dan masih banyak lagi.

Yuk, cari tahu apa saja manfaat nanas untuk kesehatan!

1. Menghambat pertumbuhan sel pemicu kanker

Manfaat nanas yang satu ini tak lepas dari enzim bromelain. Enzim ini bekerja dengan menghambat pertumbuhan sel-sel jahat yang bisa memicu kanker.

Kanker sendiri adalah kondisi tubuh yang mana perkembangan sel-sel jahat menjadi tidak terkendali. Sebuah studi yang dilakukan di Italia pada 2013 memaparkan, bromelain bisa menstimulasi sistem imun untuk menghasilkan lebih banyak molekul sel darah putih.

Sel darah putih inilah yang berfungsi melakukan perlawanan terhadap berbagai serangan yang mengancam metabolisme, termasuk kanker. Hanya saja, saat ini, tingkat efektivitasnya dalam membunuh sel kanker masih terus diteliti sampai saat ini.

Baca juga: Jangan Sampai Tertukar, Yuk Pahami Perbedaan Tumor dan Kanker!

2. Manfaat nanas untuk sistem pencernaan

Jika kamu sering sulit buang air besar, tak ada salahnya untuk membiasakan diri mengonsumsi nanas. Ini karena enzim bromelain pada nanas bisa mengoptimalkan proses pemecahan molekul dari makanan di dalam tubuh.

Molekul yang mudah dipecah akan memudahkan proses penyerapan pada usus. Hasilnya, katakan selamat tinggal pada sembelit yang mengganggu.

Sebuah publikasi di Perpustakaan Kedokteran Nasional Amerika Serikat menyatakan, kurangnya enzim bromelain bisa memicu berbagai masalah pencernaan, tidak hanya sembelit.

3. Kaya antioksidan

Tidak hanya nutrisi, nanas juga punya antioksidan yang tinggi. Antioksidan adalah molekul yang dibutuhkan tubuh untuk melawan stres oksidatif, yaitu kondisi tubuh yang mendapat paparan radikal bebas. Jika dibiarkan, ini bisa merusak organ tertentu dan memicu peradangan kronis.

Senyawa flavonoid dan asam fenolik pada nanas adalah unsur antioksidan yang terikat. Artinya, efek positif yang dihasilkan pada tubuh akan berlangsung lebih lama. Dengan begitu, tubuh akan semakin berkuasa dalam mengendalikan perlawanan terhadap radikal bebas tersebut.

4. Manfaat nanas untuk kesehatan tulang

Manfaat nanas yang jarang diketahui banyak orang adalah kemampuannya dalam menjaga kesehatan tulang. Ini tak lepas dari kandungan zat mangan yang berperan penting dalam menjaga kekuatan tulang itu sendiri.

Menurut sebuah riset yang dilakukan oleh Oregon State University, Amerika Serikat, satu cangkir berukuran sedang berisi nanas memiliki 76 persen kebutuhan total zat mangan harian. Asupan yang cukup bisa menurunkan risiko osteoporosis.

Zat mangan dalam tubuh juga bisa meningkatkan kepadatan tulang. Meski, asupan berlebih mungkin bisa memicu gangguan pada organ lain, misalnya berkurangnya fungsi kognitif pada otak.

5. Membantu menurunkan berat badan

Jika kamu sedang menjalani program diet, tidak ada salahnya untuk menjadikan nanas sebagai teman setia. Buah yang satu ini dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan.

Sebuah riset yang dilakukan di Mesir pada 2018 menjelaskan, jus nanas bisa membantu mengurangi penimbunan lemak dan meningkatkan proses pemecahannya. Selain itu, kalori yang rendah pada nanas juga bisa menghindarkanmu dari obesitas.

Nanas yang telah masuk ke dalam tubuh membawa serat tinggi, lalu mengikat air dan makanan. Artinya, proses penyerapan akan berlangsung lebih lama dari biasanya. Dengan begitu, kamu akan merasakan kenyang lebih lama.

Baca juga: 6 Cara Mengecilkan Perut Buncit, dari Olahraga Hingga Makanan

6. Manfaat nanas untuk kulit

Tanpa disadari, nanas ternyata juga bisa menjaga kesehatan kulit, lho. Vitamin C yang ada di dalamnya berperan penting dalam melindungi kulit dari berbagai risiko penyakit dan peradangan.

Vitamin C sendiri erat kaitannya dengan perawatan kulit, misalnya membantu mencerahkan wajah, menghilangkan kesan kusam, menyamarkan tanda-tanda penuaan, dan masih banyak lagi.

7. Membantu mengurangi peradangan

Di banyak negara, nanas digunakan sebagai medium dari pengobatan tradisional. Kandungan seperti bromelain, mineral, antioksidan, dan berbagai vitamin, cukup efektif untuk meredakan peradangan.

Sebuah studi yang dilakukan di Filipina pada 2014 menyimpulkan, konsumsi nanas yang cukup bisa membantu tubuh meningkatkan sistem imun. Dengan begitu, tubuh akan mampu melakukan perlawanan terhadap berbagai bakteri, termasuk bakteri pemicu infeksi.

Orang yang sering mengonsumsi nanas memiliki risiko peradangan lebih rendah, karena ada peningkatan sel darah putih di dalam tubuhnya. Ini ada kaitannya dengan bromelain yang memiliki sifat anti-inflamasi.

Nah, itulah tujuh manfaat nanas untuk kesehatan yang kamu perlu tahu. Yuk, mulai biasakan diri mengonsumsi nanas agar tubuh tetap bugar dan terhindar dari beberapa penyakit!

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *